December 27, 2014

5 Alasan Kenapa Blogging itu Penting

Blogging itu bukan hanya asyik, tapi juga penting. Banyak manfaat dan keuntungan yang dapat Anda peroleh dari kegiatan menulis di blog, diantaranya:

a. Dokumentasi Kenangan & Sejarah

Momen tak pernah terulang. Membuat dokumentasi adalah membuat momen tertuliskan. Menulis adalah membuat sejarah karena sejarah merupakan kumpulan tulisan dan dokumentasi tentang aneka peristiwa di masa lalu.

Apakah Anda membuat blog berisi catatan perkembangan anak Anda, catatan perjalanan karir Anda, dokumentasi kegiatan organisasi, proses pembangunan sebuah kota, dan berbagai tema diari Anda, itu semua merupakan dokumentasi sejarah.

Ketika masanya telah lewat, dokumentasi sejarah itu bisa dinikmati, baik dengan senyum ringan penuh kenangan, keharuan, atau bisa menjadi catatan atas peristiwa penting.

b. Hobi yang Produktif & Menyenangkan

Menulis dan membuat blog adalah kegiatan menyenangkan. Kesenangan adalah sumber kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menulis melalui blog, Anda juga dapat mengeluarkan uneg-uneg yang ada di dalam hati Anda. Ide-ide juga dapat Anda curahkan. Dengan proses ini, blogging adalah sarana terapi mental yang efektif dan produktif.

Belum lagi jika kegiatan blogging Anda membuka perspektif dan manfaat bagi Anda. Dari kegiatan blogging, Anda bisa memperoleh pertemanan-pertemanan baru yang memiliki minat (interest) yang sama dengan Anda. Dunia menjadi lebih menyenangkan ketika kita punya sahabat yang bisa menjadi teman diskusi, berbagi, dan memperbincangkan idealisme atau sekedar hal-hal kecil yang disukai bersama.

c. Sarana Meningkatkan Profesionalitas

Jika Anda seorang profesional di bidang apapun, blogging adalah kesempatan bagi Anda membuktikan profesionalitas Anda. Dari tulisan, analisis, dan tips yang Anda buat, secara perlahan tapi pasti Anda akan dikenali keahlian Anda.

Pengenalan keahlian Anda oleh publik adalah bagian dari personal branding dan marketing untuk Anda. Dari proses menulis ini, Anda bisa menghasilkan buku, menjadi pembicara, atau direkrut oleh perusahaan yang membutuhkan keahlian Anda.

d. Memberi Dampak Sosial

Jika Anda melakukan blogging dengan materi-materi yang berhubungan dengan isu publik atau kekinian, misalnya tentang politik, bisnis, atau isu sosial, Anda dapat berkontribusi dalam diskursus mengenai tema yang sedang diperbincangkan.

Selain itu, blogging bisa menjadi sarana bagi Anda menggalang kegiatan social entrepreneurship untuk perbaikan masyarakat menjadi kondisi yang lebih baik.

e. Blogging untuk Uang

Banyak sumber uang yang bisa diperoleh dengan blogging, mulai mendapatkan uang dari iklan, misalnya: Google Adsense. Atau, sumber-sumber lain misalnya:
  • afiliasi
  • menulis iklan
  • dan sebagainya
Selain itu, uang juga bisa Anda peroleh ketika tulisan Anda menjadi buku atau diundang menjadi pembicara. Blog juga bisa menjadi sarana mempromosikan bisnis Anda, baik barang atau jasa yang Anda jual.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...